Pengertian SEO: SEO adalah singkatan dari Seach
Engine Optimization. Artinya adalah suatu kegiatan yang dilakukan untuk
meng-OPTIMALKAN website Anda dimata search engine tadi. Suatu website yang
optimal di search engine akan menang dan berada di posisi atas hasil pencarian
di search engine seperti Google tadi. Kalau website Anda menang maka
website Anda akan seperti diatas tadi. Jutaan orang mencari di Google misalnya,
Website Anda ketemu terus, Orang klik pada website anda yang ketemu
tersebut, maka banyak pengunjung ke blog Anda. Artinya search engine
telah bekerja siang dan malam tanpa henti membantu Anda, dengan setia, tanpa
minta upah. Anda mau begitu kan?. Jika Ya, maka Anda dapat mempelajari
caranya.
Secara garis besar, kegiatan SEO ada 2 bagian, antara lain:
Yang
Pertama adalah
mendesign website Anda Internally agar Search Engine friendly. Artinya website
Anda harus didesign yang bersahabat dengan Google. Agar nanti website Anda
disenangi search engine tersebut. Itu akan meliputi navigasi (menu) yang baik,
selalu ada minimal satu link untuk ke halaman yang anda buat, tidak juga
terlalu banyak link yang berulang-ulang, website anda cepat loadingnya, Website
Anda konsisten topiknya (kesesuaian antara Judul, Isi artikel, keywords dan
description). Ini tidak sulit, bagi mereka yang sudah tau rahasianya.
Banyak sekali pemain internet marketing Indonesia yang telah menguasai hal ini.
Kegiatan yang pertama ini sifatnya internal di website Anda, karena itulah
sering juga disebut sebagai ON-PAGE Seo (kegiatan di halaman-halaman yang anda
buat di website anda).
Yang Kedua adalah kegiatan
OFF-PAGE Seo, artinya adalah kegiatan diluar web Anda, bagaimana agar website
Anda banyak dibicarakan diluar sana, sehingga Search Engine menganggap website
Anda sebagai “penting”.
Jika website anda sudah internallay didesign bersahabat dengan
search engine, dan juga banyak dibicarakan diluar (misalnya blog lain yang
membicarakan website Anda) maka Search engine akan MENAIKKAN posisi webiste
Anda di hasil pencarian oleh orang dengan kata kunci yang telah Anda buat
diwebsite Anda. Misal orang mencari “belajar bisnis” dan topik tersebut ada di
web Anda yang sudah SEO ready tadi maka website Anda akan berpotensi untuk
berada di halaman-halaman depan hasil pencarian.
Di posisi berapa Anda akan berada? rangking satu, dua atau tiga?
atau di halaman 2, 3, dsb? Tergantung seberapa optimal website Anda di mata
search engine tadi. Tergantung juga seberapa banyak saingan website yang juga
optimal seperti milik Anda. Siapa yang paling OPTIMAL dialah yang akan menjadi
nomor satu.